Sulit Mengajari Si Kecil Gosok Gigi

Memang mengajari dan mengajak anak menyikat gigi kadang amat sulit.
Ada beberapa cara yang bisa Ibu coba untuk membuat si Kecil mau menyikat gigi, walaupun tidak ada cara tertentu yang pasti ampuh untuk tiap anak.

* Coba ajak anak memilih sendiri sikat dan pasta gigi yang disukainya saat berbelanja.
* Luangkan waktu yang cukup pada anak untuk menyikat gigi, jadi tidak terburu-buru. Memang sudah baik bahwa Anda memberikan kesempatan pada si Kecil untuk mencoba menyikat giginya sendiri, tapi penting bagi Anda untuk menyelesaikan penyikatan sampai bersih karena kemampuan motorik anak belum cukup untuk membersihkan gigi secara optimal.
* Cobalah bercerita kepada anak mengenai pentingnya membersihkan gigi dari “Pak Kuman” atau mengajak anak bermain sambil menyikat gigi supaya kegiatan menyikat gigi dirasakan sebagai sesuatu yang menyenangkan bagi anak.
* Bacakan buku kpd anak tentang kebersihan badan (umumnya termasuk menyikat gigi) juga bermanfaat. Ingat untuk selalu menggunakan bahasa anak-anak, supaya si Kecil dapat mengerti apa yang Anda maksud.
* Apabila Ibu merasa kesulitan untuk menyikat gigi anak, maka Ibu harus betul-betul mengontrol apa yang dikonsumsi anak sehingga paling tidak salah satu faktor penyebab gigi berlubang dapat dihilangkan.
Oleh karena itu sangat penting untuk memilih makanan cemilan sehat, hendaknya yang tidak banyak mengandung gula. Cobalah memberikan makanan cemilan seperti buah-buahan dan keju. Hindari membeli makanan cemilan yang sudah jadi, kalau memang Anda belikan maka pastikan untuk membaca komposisinya. Akan lebih baik bila Anda memberikan makanan cemilan yang dibuat sendiri di rumah supaya bisa dikontrol jumlah gula dan bahan-bahan lain yang dipakai.
* Kalau masih kesulitan juga, amatlah baik bila anak dibawa berkenalan ke dokter gigi. Kadang nasehat dari dokter akan didengarkan dan diingat anak.[anakku.net]

Artikel terkait: Atasi Gerigis pada Anak

One comment

  1. Kayak iklan pepso…… tuuuuuttt.
    Sensor!😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: