Seputar perut keroncongan, cegukan,…hingga kentut

Pernah merasa perut Anda berbunyi alias keroncongan ketika sedang kelaparan? Benarkah saat marah kita tidak bisa mencerna makanan dgn baik? Mengapa tidak baik terlalu banyak minum saat sedang makan? Mengapa kita bisa cegukan dan kentut? Pengin tahu…

Mengapa perut berbunyi saat lapar?

Suara yg dihasilkan perut ketika sedang kelaparan sebenarnya merupakan bunyi yg berasal dari lambung dan usus. Pada saat kita bernapas, terdpt udara yg tertelan ke dlm perut. Selain itu setelah mencerna makanan, usus juga akan menghasilkan gas. Saat ini, yakni apabila makanan sudah selesai dicerna, perut masih terus bereaksi dan mengakibatkan otak besar menghasilkan perasaan lapar. Gas-gas inilah yg berputar-putar di dlm perut dan mengeluarkan suara krucuk-krucuk. Jadi, bunyi ketika perut lapar merupakan suara peristaltik perut.

————————

Benarkah saat marah kita tidak bisa mencerna makanan dng baik?

Beberapa organ dan fungsinya dalam tubuh manusia dikendalikan oleh saraf tak sadar, misalnya denyut jantung, pernapasan, dll. Ketika kita makan, lambung akan secara otomatis mengeluarkan getah lambung untuk mencerna makanan dan melalui usus kecil tubuh akan menyerap nutrisi. Inilah fungsi dari saraf tak sadar. tapi jika kita sedang marah, gelisah, atau mengalami perasaan negatif lainnya, maka getah lambung akan sulit keluar secara normal. Keadaan inilah yg mengakibatkan terjadinya tukak lambung atau gangguan pencernaan. Jadi, ketika kita sedang makan, kita harus menjaga agar perasaan kita tenang. Dengan begitu tubuh kita akan dapat mencerna serta menyerap nutrisi yg masuk melalui makanan dgn baik.

————————

Mengapa kita bisa cegukan?

Otot yg membatasi rongga dada dan rongga perut di dlm tubuh manusia disebut juga otot diafragma. Otot diafragma bergerak berdasarkan perintah saraf tidak sadar. Tapi terkadang bila menerima perintah yg tidak tepat atau menerima rangsangan dari temperatur dan makanan, otot tsb dapat secara refleks mengerut dan terjadilah cegukan. Sebagian besar cegukan tidak berbahaya bagi tubuh, setelah beberapa waktu akan segera berhenti dgn sendirinya. Namun, bila cegukan tidak juga berhenti, segera hubungi dokter untuk memeriksa penyebabnya.

————————

Mengapa tidak baik bila terlalu banyak minum saat sedang makan?

Proses pencernaan karbohidrat, yg merupakan komponen utama nasi, dilakukan di usus kecil. Akan tetapi kalau nasi dicampur air, alkali dalam usus kecil tidak bisa bertahan dan pencernaan pun terganggu. Air ini melemahkan fungsi enzim pencernaan di getah lambung. Karena itu, sebaiknya tidak minum selama makan. Demi kesehatan sebaiknya tidak minum dulu 30 menit sebelum dan sesudah makan.

————————

Mengapa kita berkentut?

Gas yg kita keluarkan ketika kentut terdiri dari Nitrogen, Hidrogen, Oksigen, Karbon dioksida, Metana, dan beberapa gas lain yg tidak berwarna dan tidak berbau. Selain sedikit gas nitrogen dan oksigen yg ikut terisap ketika bernapas dan tertelan ke dlm perut, sebagian besar gas ini dihasilkan ketika mencerna makanan. Bau gas buangan ini sangat berhubungan dengan makanan yg kita makan. Nisalnya, setelah kita memakan makanan yg mengandung protein dan lemak, gas kentutnya pasti akan lebih berbau busuk. Meskipun berkentut mrp suatu hal yg wajar, tp untuk menjaga kesopanan, terkadang kita hrs menahannya sebentar. Lebih baik lagi jika kita menjauhi orang lain terlebih dahulu ketika akan berkentut!

————————

Sumber: 3 menit belajar pengetahuan umum, BIP.

About these ads

2 komentar

  1. bagaimana kalau makan nasi dengan sayuran berkuah? apakah efeknya sama dengan makan nasi dengan lauk plus minum air?

  2. mantep banget infonya gan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: